Perancangan Arsitektur Multi Memori 4k x 8 bit dari 3 chip

Dalam blog ini akan menjelaskan bagaimana merancang rangkaian memori 4k x 8 bit yang dibangun dari 8 buah chip yaitu 1k x 8bit (2 buah), 512 x 8 bit (2 buah), dan 256 x 8 bit (4 buah). Sebelum pada rangkaian, ada istilah-istilah yang berhubungan dengan perancangan memori, diantaranya :

1. Memori :
Memori berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Semakin besar kapasitas memori akan meningkatkan kemampuan komputer tersebut. Memori diukur dengan KB atau MB.

2. Kapasitas memori

adalah jumlah memory pada satu buah chip

3. Saluran alamat
adalah saluran yang menghubungkan alamat pada memori terhadap prosessor, banyaknya jumlah saluran alamat disesuaikan dengan banyaknya pangkat dari angka sebelum kali contoh 4k x 8bit, 4k = 22 + 210 = 212. Jadi saluran alamatnya adalah 12.

4. Saluran data
adalah saluran yang menghubungkan data antara memori dan prosessor. Banyaknya saluran data ke prosessor dan ke memori, disesuaikan dengan banyaknya bit penyimpanan data sesuai ukuran yang telah dicantumkan disini kita ketahui lebar datanya 8 bit.

5. Processor
adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.

6. Chip
berfungsi sebagai media penyimpan program dan data, pada chip ini tersedia Random Access Memory (RAM). Data dan program ini digunakan oleh logic chip dalam menjalankan prosesnya.

C. Peta Memori 
D. Alamat Awal
Alamat awalnya adalah 000

E. Alamat Akhir
Alamat akhirnya FFF

F. Peta Kontrol 
G. Peta Karnaugh
H. Persamaan
I. Diagram Kontrol (Black Box)

J. Diagram Multi Memori



0 komentar: